Recent Posts

Sistem Ducting AC untuk AC Sentral, Split Duct, dll CV

Written by on ,

Sistem Ducting

AC Ducting

Apa itu Sistem Ducting AC? Ducting untuk AC biasanya dipakai untuk instalasi AC sentral atau AC Split Duct. AC Sentral biasanya diperuntukkan untuk instalasi AC di satu gedung yang tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri (misalnya per ruang). Semua dikontrol di satu titik dan kemudian hawa dinginnya didistribusikan dengan pipa ke ruangan-ruangan. Dengan AC Central yang bisa dilakukan cuma mengecilkan dan membesarkan lubang tempat hawa dingin AC masuk ke ruang kita. Contoh AC Central adalah di mall atau di dalam bis ber-AC.

Sedangkan Sistem ducting untuk AC, atau juga popular dengan sebutan Air Handling System, merupakan bagian penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar udara yang telah dikondisikan dari sumber dingin ataupun panas ke ruang yang akan dikondisikan. Perkembangan desain ducting untuk AC hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, terutama efisiensi energi, material, pemakaian ruang, dan perawatan.

Selain efisiensi, juga ada tuntutan kenyamanan (termasuk kesehatan dan keselamatan) bagi pengguna. Oleh karena itu dalam desain ducting meliputi pula desain untuk kebutuhan ventilasi, filtrasi, dan humidity. Tiap tipe sistem ducting memiliki manfaat untuk aplikasi tertentu. Suatu tipe sistem yang tidak umum dipakai mungkin lebih efisien bila dipakai untuk suatu aplikasi tertentu yang tergolong unik. Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai tipe sistem ducting, dan ini akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan munculnya aplikasi-aplikasi yang baru. Dalam suatu desain ducting untuk suatu gedung tertentu, sangat mungkin beberapa tipe dipakai untuk memenuhi masing-masing kebutuhan.

Selain biaya instalasi, efisiensi dan operasional sistem ducting harus menjadi perhatian penting. Dahulu ketika harga energi, material dan ruang belum terlalu menjadi pertimbangan, desain ducting tidak terlalu memiliki banyak batasan. Salah satu contoh dalam hal energi adalah mulai populernya sistem Variable Air Volume di tahun 1970-an, terlebih sejak terjadinya embargo minyak Arab di tahun 1973-1974 yang memaksa seluruh industri melakukan peningkatan efisiensi energi. Sejak masa tersebut terjadi kecenderungan penggantian sistem dari Constant Air Volume ke Variable Air Volume. Dalam hal penggunaan material sangat jelas, yaitu semakin besar penggunaan material maka semakin besar biaya instalasi, dan bahkan perawatan sistem.

Dalam hal pemakaian ruang, saat ini ruang sekecil apapun sangat berharga, sehingga dalam perancangan gedung terjadi pengurangan tinggi ceiling, juga tinggi antar lantai, yang di masa lalu hal ini belum terlalu menjadi perhatian utama.Berbagai pertimbangan sering memunculkan benturan dalam mendesain sistem ducting. Misalnya pertimbangan ruang versus energi. Pengurangan tinggi ceiling akan menyebabkan lebih tingginya tekanan udara yang dibutuhkan di dalam ducting, yang berarti lebih tingginya kebutuhan energi. Namun saat ini terjadi kecenderungan untuk mengutamakan efisiensi energi dan kelestarian lingkungan. Bahkan beberapa negara membuat regulasi yang mengarahkan desainer, developer, dan user pada hal tersebut. Tentu saja ini menjadi tantangan dan peluang besar bagi para desainer untuk menentukan kombinasi tipe sistem ducting yang tepat, atau bahkan melakukan inovasi. (source: pamitran)

Kami menawarkan jasa Pembuatan Sistem Ducting untuk AC

Call Us: 081 878 2773 atau 0361-8466773 / 08-787878-2773
email: service@cvastro.com

Untuk pembuatan Sistem Ducting AC, berikut hasil kerja kami:

Pembuatan Ducting AC dan Penggantian AC Split Duct 15 PK Permata Bank
Pembuatan Ducting AC di Mothercare Discovery Mall


Tulis Komentar Anda

harga ac central, ducting, ducting ac, pengertian ducting, ac ducting, instalasi ac central, cara kerja ac split duct, ac split dak, pengertian ac split duct, ac split duct adalah, komponen ac split duct, ac central harga, cara memasang ac central, prinsip kerja ac split duct, sistem kerja ac split duct, sistem ac split duct, gambar ac split duct, dacting ac, memasang instalasi ducting, ducting adalah, cara menentukan harga ducting, ac central untuk gedung, instalasi ac split ducting, ducting ac central, konstruksi ac sentral, lowongan kerja ducting, kegunaan ducting, instalasi ac sentral, lowongan kerja fabrikasi ducting ac, lowongan kerja inStalasi ac, macam2 ducting AC SPLIT, instalasi ac central rumah, instalasi ductinng PU indah gambar, konsep perawatan ac split, jenis jenis ac sentral, Kerja Pasang Ducting, keunggulan ac central dengan ac split, Komponen Ac duct, jenis jenis ac central, sop ac ceiling, jenis ac split dan cara kerjanya, jasa borong pembuatan ducting di semarang, kegunaan duct air, MATERIAL INSTALASI AC VRF LOW-HIGHT CEILING, Nama-nama jenis semua ac kantor dan mall, perhitungan biaya ac central, riten ac adalah, Rumus membuat ducting, rumus pemborong ducting ac, servis ac split duct, sistem ducting ac, sistem ducting ac central, sistem ducting adalah, sistem kerja ac ducted split, sop pemasangan ac, stuktur AC split dan AC central, teknik instalasi ac central, perencanaan instalasi ac system central, perbedaan ac split dan central, pada ac split duct, Pemasangan ac central, pemasangan dakting ac, pemeliharaan central ac, pengertian ac split dan split duct, pengertian splite duct, penjelasan ducting, penyyebab ac split dukting sering ngepros, perawatan ducting cassette, perbandingan suplay dan return pada ducting, perbedaan AC Central dan split duck, perbedaan ac split dan ac kaset, video cara menyambung ducting, ac duct, bagian dari ac dukting, beda ac centra, biaya dagting rumah, buku rumus ducting jepang, buku tentang pengertian ducting dalam pdf, bus menggunakan ac sentral, cara buat ducting vrf, cara kerja Ac cassette, cara kerja ac central daikin, cara kerja ac split duck, cara kerja sistem ac split duct, cara maintenance ac split duct, bagian ac split duct dan fungsinya, arti ducting, ac split dan ac central, Ac split dan ac central apa perbedaannya, ac split duck tidak dingin, ac untuk di mall, AC untuk gedung, ac vrv daikin pake ducting, acsentral, apa fungsi supply & return ac split/sentral, apa itu ac split duct, apa yang dixebut dengan dakting, apa yg dimaksud ac duct /apa yg di maksud ducting, arti ACA dalam pekerjaan, cara memasang ac split dak

2 comments:

  1. numpang promo nih gan monggo kunjungi Service AC Surabaya, Service AC Sidoarjo semoga artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
  2. sekarang rumah di jakarta juga sudah banyak yang pakai ac central yah. pas banget kalau buka jasa pemasangan ducting ac central di daerah jakarta.

    ReplyDelete